Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi yang Terbukti Efektif

Cara mengatasi bintik merah pada bayi – Bayi yang lahir tidak dapat untuk segera menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Salah satu masalah yang muncul adalah adanya bintik merah yang dapat berkembang di sekujur tubuh sehingga para ibu tak jarang mencari cara untuk mengatasi bintik merah pada bayi. Kadang bercak yang terdapat pada bayi memiliki pusat putih yang hampir terlihat seperti gigitan serangga namun tidak seperti gigitan serangga yang sesungguhnya. Sebenarnya tanda-tanda ini normal pada bayi yang baru lahir dan tanda tersebut dapat muncul dan hilang dalam beberapa jam.

Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi yang Terbukti EfektifPenyebab bintik merah yang muncul pada bayi bukan hanya karena tanda normal yang sudah disebutkan di atas. Penyebab lain yang dapat menimbulkan ruam atau bintik merah yang lain diantaranya biang keringat, gatal-gatal, kurap, ruam popok, eksim, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Bintik Merah pada Bayi?

Bagi setiap orang tua, tentu akan khawatir apabila muncul bintik merah pada bayi. Untuk itulah dibutuhkan langkah tepat demi mengatasi bintik merah tersebut agar tidak memberikan dampak berbahaya pada bayi. Berikut beberapa cara mengatasi bintik merah pada bayi dan mengantisipasi adanya ruam atau bintik merah:

  1. Hindari pemakaian parfum dan detergen yang keras karena tak jarang bayi sensitif terhadap hal tersebut. Gunakan detergen tanpa wangi jika mencuci pakaian, tempat tidur bayi, atau segala benda yang digunakan untuk bayi. Cara ini akan menghindarkan bayi dari alergi atau sensitivitas. (baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat yang Terbukti Efektif)
  2. Tak jarang bayi mudah sekali mengalami biang keringat yang biasa muncul pada bagian leher, wajah, punggung, dan bokong yang terkena popok. Biang keringat yang muncul ditandai dengan adanya kulit merah dengan gelembung-gelembung kecil serta adanya rasa gatal yang membuat bayi menjadi rewel. Munculnya biang keringat terjadi karena udara panas dan tingkah bayi saat beraktivitas. Untuk mengatasi bintik merah pada bayi yang disebabkan oleh biang keringat sangat mudah. Gunakan pakaian longgar berbahan katun, pakaian dengan bahan katun akan mudah menyerap keringat bayi. Selain itu, gunakan juga krim pada area bokong bayi yang menggunakan popok agar biang keringat dapat dihindari.
  3. Cara mengatasi bintik merah pada bayi yang selanjutnya adalah mencuci lipatan bayi dengan air atau diangin-anginkan sebentar karena bintik merah kadang terjadi pada lipatan tubuh bayi. Beberapa lipatan tubuh bayi yang timbul bintik merah adalah paha dalam, ketiak, dan bagian perut. Selain bintik merah, rasa gatal dan sakit akan muncul ketika terjadi gesekan dan hal ini umumnya terjadi pada bayi yang gemuk.
  4. Eksim atau yang disebut dengan eksema atau dermatitis. Eksim merupakan peradangan hebat yang menyebabkan adanya pembentukan gelembung kecil (vesikel) pada kulit bayi yang dapat pecah dan berisi air. Eksim ini dapat terjadi pada bayi mulai dari usia 3 atau 4 bulan dan jika tidak segera ditangani, eksim dapat menimbulkan nanah dan kerak pada kulit bayi. Riwayat alergi pada keluarga adalah penyebab munculnya eksim atau dermatitis. Cara mengatasi bintik merah pada bayi ini adalah menggunakan pelembab. Tujuannya agar suhu kulit tubuh bayi tetap terjaga sehingga kulit bayi tidak lembab dan kering. Jika menggunakan pelembab tidak juga sembuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Orang tua tidak perlu panik agar dapat mengatasi bintik merah pada bayi yang harus diketahui terlebih dulu penyebabnya. Menjaga kebersihan bayi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bayi tetap sehat dan selalu ceria. Itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi bintik merah pada bayi. Semoga bermanfaat.