Cara Menyembuhkan Sakit Ginjal yang Terbukti Ampuh

Penyakit ginjal merupakan gangguan yang terjadi organ ginjal dan Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan sakit ini karena ada cara menyembuhkan sakit ginjal. Ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang merah dan letaknya berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah. Lebih tepatnya, ginjal terletak di bawah tulang rusuk.

Cara Menyembuhkan Sakit Ginjal yang Terbukti AmpuhGinjal memiliki fungsi yang sangat banyak, diantaranya adalah menyaring limbah tubuh yang terdapat di dalam darah, menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, cairan, serta asam darah di dalam tubuh, menghasilkan eritropoetin (hormon yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah), menghasilkan renin (enzim yang membantu untuk mengatur tekanan darah), serta menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Cara Menyembuhkan Sakit Ginjal yang Dapat Dilakukan

Saat fungsi ginjal mulai terganggu maka kinerja tubuh akan terpengaruh dan metabolisme yang terdapat di dalam tubuh menjadi kacau. Jenis penyakit ginjal tidak hanya satu dan bisa dibedakan dari penyebabnya, agar menerima penanganan yang tepat untuk menyembuhkan sakit ginjal, lebih baik konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Adapun cara menyembuhkan sakit ginjal adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Obat-Obatan

Menggunakan obat-obatan adalah cara menyembuhkan sakit ginjal yang pertama. Obat yang akan diberikan dokter adalah salah satu obat darah tinggi dari golongan ACE inhibitors, misalnya ramipril, captopril atau golongan ARBs, misalnya valsartan, irbesartan. Kelompik obat ini akan mengontrol tekanan darah serta mengurangi kadar protein yang terdapat di dalam urine. Selain itu, hormon erythropoietin (EPO) juga dapat diberikan pada penderita yang mengalami penurunan fungsi ginjal dengan anemia. Jika yang dialami adalah infeksi ginjal, dokter akan memberikan antibiotik selama satu hingga dua minggu.

  • Terapi Batu Ginjal

Cara menyembuhkan sakit ginjal yang selanjutnya adalah melakukan prosedur terapi batu ginjal. Terapi batu cocok digunakan untuk batu ginjal yang kecil serta gejala sakit ginjal yang ringan tidak perlu tindakan khusus. Dokter akan menganjurkan minum air sebanyak 2 sampai 3 L per hari untuk membilas saluran kemih. (baca juga: Menyembuhkan Impotensi secara Alami Paling Efektif)

Selain itu akan diberi juga obat penghilang rasa sakit, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Tak hanya itu, pasien juga akan diberi obat untuk melemaskan otot saluran kemih (alpha blocker). Dengan begitu, maka batu bisa keluar dengan cepat tanpa ada rasa nyeri. Jika batu memiliki ukuran yang cukup besar dan dianggap tidak bisa keluar sendiri, maka perlu dilakukan beberapa metode untuk mengeluarkan batu tersebut, yaitu:

  1. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

Langkah ini membuat batu akan hancur dan ukurannya menjadi lebih kecil yang proses penghancurannya menggunakan gelombang suara yang menghasilkan getaran dari mesin ESWL. Ukuran batu yang kecil tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine.

  1. URS (Ureteroscopic Lithotripsy)

Metode ini akan memasukkan selang yang lengkap dengan kamera ke dalam saluran kemih melalui lubang tempat urine keluar. Setelah itu batu akan dihancurkan dengan alat khusus yang bisa membuat batu menjadi berukuran lebih kecil dan dapat dikeluarkan melalui saluran kemih.

  1. PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy)

Metode yang satu ini dilakukan dengan cara mengambil batu menggunakan alat tertentu yang dimasukkan melalui punggung untuk mencapai ginjal. Jika melakukan tindakan ini, maka pasien membutuhkan pembiusan umum.

Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari adanya penyakit lain, kurang asupan air putih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menghindari sakit ginjal, konsumsi air putih secara teratur dan ubah pola hidup menjadi lebih sehat. Itulah sedikit ulasan tentang cara menyembuhkan sakit ginjal. Semoga bermanfaat dan salam sehat.