8 Ciri-Ciri Amandel yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Amandel – Pada umumnya, amandel dialami oleh anak-anak dan ciri-ciri amandel bisa diketahui sehingga bisa segera ditangani jika anak terlihat berbeda. Namun tak hanya anak-anak, amandel juga bisa menyerang remaja atau bahkan orang dewasa baik itu laki-laki atau perempuan. Amandel juga disebut dengan tonsilitis yang merupakan suatu infeksi pada amandel yang berakibat pada rasa sakit di tenggorokan dalam jangka panjang oleh penderitanya.

Inilah Ciri-Ciri Amandel yang Harus Diketahui

Untuk menghindari adanya radang amandel, inilah ciri-ciri amandel yang harus Anda ketahui. Dengan begitu nantinya dapat mengambil langkah tepat demi mengatasi radang amandel. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Ciri-ciri amandel yang pertama adalah tenggorokan yang terasa kering. Meskipun sudah minum banyak, penderita akan tetap merasa tenggorokannya kering. Yang terasa adalah di tenggorokan seperti ada yang mengganjal.
  • Ciri-ciri amandel yang kedua adalah bau mulut yang tidak sedap. Sama halnya dengan panas dalam, sakit amandel juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bau mulut ini terjadi karena adanya bakteri atau kuman yang bersarang di tenggorokan.
  • Cobalah untuk berkaca dengan membuka mulut selebar mungkin agar dapat melihat amandel dengan jelas. Cara ini efektif untuk mengecek atau melihat kondisi amandel. Jika amandel terlihat merah, bengkak, dan ukuran menjadi lebih besar, maka hal tersebut sudah jelas jika Anda mengalami sakit amandel.
  • Terjadinya peradangan di amandel membuat penderitanya akan kesulitan menelan makanan dan minuman. Gejala ini serupa dengan gejala radang tenggorokan biasa, namun penderita sakit amandel akan kesulitan menelan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Selain sulit menelan makanan dan minuman, penderita amandel juga akan mengalami demam yang tinggi. Banyak sekali orang sering mengira bahwa dirinya sedang flu atau sakit tenggorokan biasa dan tidak mengira bahwa sedang mengalami radang amandel. Demam tinggi yang dialami penderita amandel akan membuatnya sulit tidur saat malam hari.
  • Ciri-ciri amandel yang berikutnya adalah suara yang menjadi serak setelah sakit tenggorokan sudah dirasakan selama beberapa hari oleh penderita amandel. Saluran tenggorokan yang membengkak membuat suara menjadi serak atau bahkan hilang. Istilah medis dari kondisi pembengkakan di saluran tenggorokan ini dikenal dengan sebutan laryngitis.
  • Pusing dan sakit kepala sudah umum dirasakan dan hal tersebut juga menjadi gejala pada hampir semua penyakit. Begitu juga dengan amandel, penderita amandel akan merasakan gejala pusing atau nyeri ketika melakukan aktivitas setiap harinya.
  • Ciri-ciri amandel yang terakhir adalah adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Letak amandel dan kelenjar getah bening saling berdekatan, hal ini secara tidak langsung membuat kelenjar getah bening juga mengalami pembengkakan ketika amandel sedang terinfeksi dan meradang.

Penderita amandel bisa dikatakan memiliki penyakit amandel akut jika penderita merasakan gejala ini. Jika sudah begini maka penderita amandel harus segera mendapatkan penanganan secara medis. (baca juga: Cara Menyembuhkan Sakit Ginjal yang Terbukti Ampuh)

8 Ciri-Ciri Amandel yang Harus DiwaspadaiPenyebab adanya radang amandel cukup banyak, beberapa diantaranya adalah kurangnya aasupan vitamin C. Selain panas dalam dan sariawan, kekurangan vitamin C juga membuat amandel menjadi radang. Hal ini terjadi karena vitamin C memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan amandel. Mengonsumsi makanan dengan sembarangan tanpa memerhatikan kebersihan atau bahan yang digunakan juga bisa memicu terjadinya radang pada amandel.

Tak hanya itu, mengonsumsi gorengan atau makanan pedas, kurang minum, dan adanya debu atau kotoran yang masuk ke mulut juga bisa menjadi penyebab adanya radang amandel. Itulah sedikit ulasan tentang ciri-ciri amandel yang umum dialami dan beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat.