Mengatasi Susah BAB Secara Alami

Cara Mengatasi Susah BAB secara Alami – Salah satu gangguan pencernaan yang membuat tidak nyaman adalah sembelit atau susah BAB dan ganguan ini tidak boleh dianggap sepele sehingga harus secepat mungkin mencari cara untuk mengatasi susah BAB. Cara untuk mengatasi susah BAB sangat banyak dan cara paling mudah namun butuh kesabaran ekstra adalah melakukan atau menerapkan pola hidup sehat. Jika sudah menerapkan pola hidup sehat, maka susah BAB tidak akan dirasakan lagi.

Inilah Cara Mengatasi Susah BAB yang Terbukti Ampuh

Untuk mengatasi susah BAB, setidaknya terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Tidak Menunda-Nunda BAB

Langkah pertama untuk mengatasi susah BAB adalah tidak menunda jika ingin BAB. BAB atau buang air besar merupakan proses pembuangan sisa metabolisme dari dalam tubuh yang harus dikeluarkan secara teratur. Jika Anda menunda BAB, maka tinja akan mengendap di saluran pencernaan yang semakin lama teksturnya akan berubah menjadi keras. Jika sudah begini, tinja akan sulit dikeluarkan.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Cara mengatasi susah BAB yang kedua adalah mengonsumsi banyak makanan berserat. Serat merupakan salah satu zat yang bersifat mengikat air dan tidak mudah dicerna. Serat sendiri bisa ditemukan pada makanan sumber nabati, misalnya buah dan sayur. Sifat serat yang mampu menyerap air membuat tinja menjadi lebih lunak dan ketika dikeluarkan tidak akan terasa keras. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dengan teratur agar proses pencernaan menjadi lancar dan susah BAB tidak akan dialami lagi.

Banyak Minum Air Putih

Minum air putih dengan teratur bisa mengatasi susah BAB secara efektif. Setidaknya konsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari agar metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Biasakan untuk mengonsumsi air putih meskipun terasa berat dan malas karena dalam riset di Jurnal Frontiers in Human Neuroscience menyebutkan bahwa 8 gelas air putih yang dikonsumsi setiap hari secara rutin bisa membuat kekebalan tubuh menjadi bertambah.

banyak minum air putihTak hanya itu, zat yang terkandung juga dapat menetralkan racun dan membuang sisa metabolisme secara cepat. Namun harus diperhatikan lagi bahwa meskipun minum air sangat baik untuk tubuh, tetap minum dengan jumlah sesuai kebutuhan karena segala yang berlebihan itu tidak baik. Tamara Hew-Butler menulis pada jurnal Medicine & Sciense in Sports & Exercise yang berasal dari Oakland University menyebutkan bahwa kelebihan air putih dapat menyebabkan disfungsi ekskresi. Oleh karena itu, konsumsi air putih secukupnya sebanyak 8 gelas sehari untuk mengatasi susah BAB.

Banyak Bergerak

Salah satu penyebab dari adanya susah BAB adalah tubuh yang kurang gerak. Hal ini dibuktikan dengan orang yang aktif melakukan kegiatan atau aktivitas fisik cenderung lebih sehat. Hal ini diperkuat dengan adanya hasil riset di Universitas Tufts yang mengungkapkan bahwa olahraga selama 48 menit setiap satu minggu sekali bisa menghindarkan dari kecacatan di usia senja.

Untuk mengatasi susah BAB, lakukan gerakan yang sederhana. Misalnya berlari kecil, melakukan lompatan, atau aerobik. Saat tubuh bergerak, secara otomatis tubuh akan menstimulasi kontraksi usus yang membuat tinja menjadi lebih cepat bisa dikeluarkan.

Kurangi Makanan Cepat Saji

Cara mengatasi susah BAB yang terakhir adalah mengurangi konsumsi fast food dan susu murni. Fast food mengandung banyak sekali lemak dan rendah serat sehingga bisa menyebabkan susah BAB. Begitu juga dengan susu murni. Meskipun susu murni mengandung banyak nutrisi, lebih baik untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini bisa diperkuat dengan adanya studi di Iran yang membuktikan bahwa sekitar 80% anak-anak bisa BAB setelah mengurangi konsumsi susu. Dengan begini dapat disimpulkan bahwa minum susu terlalu banyak bisa mengakibatkan sembelit ringan.

Itulah beberapa cara mengatasi susah BAB yang bisa langsung dicoba ketika mengalami susah BAB. Semoga bermanfaat.