5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe adalah tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan manfaat jahe untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk bumbu masak, jahe sering sekali digunakan sebagai bahan untuk mengobati keluhan kesehatan secara alami. Jahe terbukti efektif mengatasi mual, batuk, nyeri sendi, hingga untuk mengobati nyeri yang diakibatkan oleh terapi kanker.

5 Manfaat Jahe untuk KesehatanSenyawa kimia yang terdapat pada jahe memberikan reaksi positif di dalam usus dan lambung sehingga jahe sangat ampuh mengurangi mual dan nyeri. Selain itu, senyawa tersebut juga bisa bekerja dengan baik di otak serta sistem saraf yang berguna untuk meredam rasa mual.

Inilah Beragam Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Untuk mengetahui manfaat jahe lebih jelas lagi, berikut 5 manfaat jahe untuk kesehatan:

Meredakan Pusing

Manfaat jahe untuk kesehatan yang pertama adalah efektif untuk meredakan pusing. Pusing bisa sangat mengganggu karena pusing bisa membuat keseimbangan menjadi hilang, penglihatan seperti berkunang-kunang, dan tak jarang mual juga terasa. Konsumsi jahe untuk meredakan pusing yang disertai dengan mual.

Mengurangi Gejala Menstruasi

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan terhadap jahe menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi jahe dapat mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Manfaat jahe untuk kesehatan yang satu ini bisa disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Mengonsumsi jahe saat menstruasi sangat baik untuk wanita yang sering merasa nyeri. Konsumsi kurang lebih 500 sampai 2000 mg jahe selama tiga hari awal menstruasi agar nyeri menstruasi berkurang.

Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami wanita di awal masa kehamilan. Kondisi ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Namun yang perlu diingat adalah bahwa ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, baik itu obat tradisional maupun obat herba. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe atau obat-obatan yang lainnya. (baca juga: Tips Mengobati Sakit Lambung dengan Bahan Alami)

Mengatasi Nyeri Akibat Osteoarthritis

Manfaat jahe untuk kesehatan yang berikutnya adalah mengatasi nyeri akibat osteoarthritis. Untuk yang belum tahu, osteoarthritis merupakan nyeri sendi atau kekakuan sendi yang terjadi karena cedera. Meminimalisir nyeri akibat cedera dengan jahe sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian. Jadi, konsumsi ekstrak jahe jika mengalami osteoarthritis. Tak hanya dikonsumsi, mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi juga bisa dilakukan dengan cara dioles sebagai minyak terapi yang sudah dicampur dengan jeruk.

Mengurangi Rasa Mual dan Muntah

5 Manfaat Jahe untuk KesehatanManfaat jahe untuk kesehatan yang terakhir adalah mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi. Tak hanya untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil, jahe juga bisa meredakan mual dan muntah setelah operasi. Mengonsumsi jahe satu jam sebelum melakukan operasi bisa mengurangi mual dan muntah selama 24 jam setelah operasi. Tak hanya dikonsumsi, menggunakan jahe dengan cara dioles juga ampuh mencegah rasa mual yang mungkin akan muncul.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa jahe baik dikonsumsi oleh orang yang sering mengalami mabuk darat dan laut saat melakukan perjalanan jauh. Konsumsi jahe sebelum bepergian agar bepergian bisa menjadi lebih menyenangkan. Namun khasiat jahe dalam mengatasi mabuk darat dan laut ini belum bisa dibuktikan kebenarannya secara medis dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat tersebut.

Jahe memang aman dikonsumsi oleh semua orang, tapi untuk ibu hamil dan menyusui, penderita diabetes, penderita sakit jantung, serta orang yang memiliki gangguan pembekuan darah lebih baik tidak mengonsumsi jahe. Ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe. Itulah 5 manfaat jahe untuk kesehatan yang semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.