Tips Mengobati Bintitan dengan Cepat

Tips mengobati bintitan – Mata bintitan pasti sangat mengganggu bahkan bisa membuat rasa percaya diri menjadi turun, oleh karena itu perlu untuk mengetahui tips mengobati mata bintitan agar tidak malu ketika berhadapan dengan orang lain. Mengobati mata bintitan tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya yang mahal karena beberapa tips mengobati mata bintitan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar Anda.

tips mengobati bintitan dengan cepatMata bintitan memiliki gejala adanya benjolan yang berwarna kemerahan pada area kelopak mata, baik itu di bagian atas atau bawah. Selain benjol kemerahan, biasanya disertai juga bintik putih atau kuning pada bagian tengah benjolan. Benjolan pada kelopak mata tersebut semakin lama akan membesar dan membengkak yang mengakibatkan mata akan cepat mengeluarkan cairan, gatal, dan sulit berkedip.

Ada dua jenis mata bintitan yang dibedakan berdasarkan tempat timbulnya bintitan atau benjolan, yang pertama adalah mata bintitan interna. Mata bintitan interna merupakan bintitan yang terjadi pada bagian kelenjar meibom dan yang muncul pada selaput kelopak mata bagian dalam. Jenis kedua adalah mata bintitan eksterna yang terjadi pada kelenjar zeis dan moll yang mengarah pada bagian luar kelopak mata.

Tips Mengobati Bintitan dengan Mudah

Untuk mengatasi bintitan, setidaknya terdapat beberapa beberapa tips mengobati bintitan dengan cepat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Kompres dengan Air Hangat

Tips mengobati bintitan dengan cepat yang pertama adalah menggunakan kompres dengan air hangat. Mengompres mata dengan air hangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak yang terdapat pada mata menjadi lebih kecil (kempes).

Caranya cukup mudah, siapkan terlebih dulu kain lembut dan bersih serta air hangat. Rendam handuk ke dalam air yang sudah disiapkan. Sebelum ditempelkan, bersihkan terlebih dulu area sekitar mata lalu kompres selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Kompres mata dengan rutin agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengobati mata bintitan. Bawang putih mengandung anti bakteri yang dipercaya bisa menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bintitan. (baca juga: Tips Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Paling Efektif)

Tips mengobati bintitan dengan bawang putih sangat mudah, yaitu dengan cara membersihkan area mata dengan air hangat. Setelah itu haluskan bawang putih yang sudah dikupas. Jika sudah, oleskan bawang putih yang sudah halus pada kelopak mata yang terdapat bintitan.

Daun Sirih

Tips mengobati bintitan yang selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Daun sirih memiliki anti bakteri sehingga sangat ampuh jika digunakan sebagai obat mata bintitan. Selain mata bintitan, daun sirih juga digunakan untuk berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.

Cara menggunakan daun sirih sebagai obat bintitan cukup mudah. Terlebih dulu sediakan 1 hingga 3 lembar daun sirih. Setelah itu rebus dengan 1 atau 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah, saring air rebusan dan gunakan air untuk membersihkan area mata yang terdapat bintitan. Selain untuk membersihkan, bisa juga digunakan untuk obat tetes. Menggunakan rebusan daun sirih sebagai obat tetes akan memberikan efek pedih di mata selama beberapa saat.

Salep

Tips mengobati bintitan dengan cepat yang terakhir adalah menggunakan salep. Gunakan salep yang memiliki sifat antibiotik sehingga bakteri penyebab bintitan akan menghilang. Oleskan salep secara teratur agar bintitan pada mata bisa cepat hilang.

Jika ingin memegang area mata, lebih baik cuci tangan terlebih dulu agar bakteri tidak masuk ke dalam mata. Itulah sedikit ulasan tentang tips mengobati bintitan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.