Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dijamin Terbukti 100%

Cara mengatasi anak susah makan – Makanan adalah asupan utama bagi setiap orang, terutama untuk mereka yang masih usia anak-anak. Ketika seseorang masih dalam rentang usia ini artinya ia sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan pun seharusnya lebih ditingkatkan agar dapat mendukung pertumbuhan tubuhnya dengan baik.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dijamin Terbukti 100%Ironisnya, walaupun asupan menjadi hal utama yang wajib dipenuhi kebutuhannya, hingga saat ini masih banyak orang tua yang mengeluhkan sulitnya membujuk buah hatinya untuk makan. Hal ini tentunya akan membuat anak-anak menjadi kurang asupan terutama makanan yang bergizi. Orang tua pun lama kelamaan bisa menjadi stress dan tertekan akibat buah hatinya susah makan.

Sebenarnya, permasalahan anak susah makan sudah menjadi budaya sejak lama. Jika ditinjau dari segi teori, permasalahan anak susah makan dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Untuk faktor fisik misalnya terdapat gangguan pada organ pencernaan anak, infeksi pada tubuh anak, kondisi tubuh anak yang sedang kurang sehat, bagian mulut yang sedang mengalami sariawan atau bahkan anak sedang tumbuh gigi.

Sementara itu faktor psikis yang dapat memengaruhi sulitnya anak untuk makan diantaranya makanan yang dihidangkan kurang menarik baik dari segi rasa ataupun penampilan. Bisa juga akibat suasana saat makan kurang menyenangkan, anak dipaksa mengonsumsi makanan yang tidak ia sukai, hingga adanya gangguan psikologis pada anak.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Mudah

Untuk para orang tua terutama ibu, kondisi anak yang susah makan tidak seharusnya dibiarkan terlalu lama. Hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang anak sehingga dapat menyebabkan kekurangan gizi. Terlebih, semakin besar usia anak seharusnya sudah semakin bervariasi pula makanan yang dikonsumsi olehnya.

Orang tua tidak boleh putus asa jika menghadapi kondisi anaknya yang seperti ini dan mereka harus melakukan beberapa trik untuk dapat mengatasinya. Beberapa cara mengatasi anak susah makan berikut ini patut dicoba.

Variasikan Makanan

Cara mengatasi anak susah makan yang pertama adalah dengan melakukan variasi makanan. Hal ini karena umumnya anak kecil lebih cepat merasa bosan ketimbang orang dewasa termasuk dalam hal makanan. Karenanya orang tua harus pintar-pintar memvariasikan makanan untuknya. Variasi makanan dapat berupa variasi menu, rasa, hingga ragam makanan.

Dengan memvariasikan makanan maka anak tidak cepat merasa bosan dengan makanannya, dan ia pun dapat sembari belajar menemukan rasa-rasa baru dalam makanannya. Selain itu orang tua juga dapat mengetahui makanan apa yang lebih disukai oleh anak.

Sajikan Makanan dalam Porsi Kecil

Memberi makan pada anak kecil tidak akan sama perlakuannya dengan memberikan makan pada orang dewasa karena kapasitas lambung mereka tentu berbeda. Lambung anak-anak belum mampu menampung makanan dalam jumlah banyak sekaligus, sehingga akan lebih baik jika sang buah hati diberikan makanan dalam porsi kecil namun frekuensinya sering, ketimbang memberikannya makanan dalam porsi besar sekaligus. Akan lebih baik pula jika si kecil diberikan cemilan yang bergizi seperti buah atau yang lainnya di sela-sela jam makan mereka agar lambungnya tetap terisi makanan secara bertahap.

Sajikan Makanan Secara Menarik

Selain menyajikan menu dan rasa makanan yang bervariasi serta menyajikan makanan dalam porsi kecil, orang tua pun wajib menyajikan makanan secara menarik kepada sang buah hati. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian anak agar ia mau makan. Anak kecil cenderung menyukai hal-hal yang menarik dibanding hal-hal biasa yang sering ia temukan, termasuk masalah makanan.

Menyajikan makanan yang menarik dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya membentuk nasi menyerupai bentuk hewan atau karakter yang disukai si kecil dengan tambahan topping yang juga dibentuk secara unik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan nilai gizi dibalik penyajian makanan ini agar kebutuhan gizi sang buah hati tetap terpenuhi. Ini adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan yang paling ampuh.

Kondisikan Suasana yang Menyenangkan Ketika Makan

Salah satu faktor penyebab anak sulit makan adalah suasana makan yang kurang menyenangkan, misalnya cuaca di tempat makan tersebut yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, si kecil tidak makan bersama orang tuanya, dan lain-lain. Jika memang ini penyebab anak sulit makan maka orang tua harus menyiasatinya dengan membuat suasana yang lebih menyenangkan ketika makan, misalnya makan sambil menonton acara televisi yang ia sukai, makan sembari bermain, makan sembari memberikan benda atau objek yang menarik perhatiannya, dan lain-lain.

Perhatikan Kesehatan Mulut dan Gigi Sang Buah Hati

Cara mengatasi anak susah makan yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak. Mengapa? Pasalnya anak sulit makan juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatannya terutama kesehatan mulut dan gigi karena bagian tubuh ini merupakan pintu gerbang awal masuknya makanan.

Karenanya, jika seorang anak sedang sulit makan orang tua juga harus mengecek apakah anaknya sedang menderita sariawan, tumbuh gigi, ataupun gangguan pada mulut lainnya.

Hindari Pemberian Makanan Manis Sebelum Makan

Biasanya anak kecil akan lebih menyukai makanan manis seperti permen, es krim, gulali, dan sebagainya dibandingkan dengan makanan biasa. Memberikan makanan manis kepada anak kecil boleh saja dilakukan, namun perhatikan pula waktu pemberiannya. Jangan sesekali memberikan makanan manis kepada anak sebelum makan besar.

Hal ini dikarenakan makanan manis mengandung gula yang akan membuat si kecil merasa kenyang. Akibatnya keinginan anak untuk makan besar pun akan berkurang atau bahkan anak tak mau makan sama sekali.

Berikan Menu Makanan Sesuai Selera Anak

Sesekali orang tua boleh menawarkan langsung kepada sang anak untuk memilih menu makanannya sendiri. Tujuannya agar anak mau makan dan menghabiskan makanannya. Namun sebisa mungkin orang tua tetap harus memperhatikan nilai gizi dari makanan pilihan sang anak agar kebutuhannya tercukupi. Dengan cara mengatasi anak susah makan yang satu ini, maka buah hati Anda dapat lebih lahap dalam mengonsumsi makanan mereka.

Rajinlah Memberikan Pujian pada Anak Ketika Makan

Selain mengkondisikan suasana makan semenyenangkan mungkin, orang tua pun harus belajar memberikan pujian kepada sang anak ketika makan. Hal ini akan mampu mempengaruhi kondisi psikisnya sehingga ia akan terdorong untuk menghabiskan makanannya. Sebaliknya, orang tua harus menghindari membentak ataupun mengancam sang anak jika ia menolak makanan, karena hal ini akan membuat anak menjadi takut dan malah menjadi lebih sulit untuk makan.

Jadwalkan Makan dengan Teratur

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah memberikan jadwal makan teratur pada anak. Tujuannya agar ia terbiasa dengan waktu makannya. Jadwal makan yang teratur juga dapat menumbuhkan rasa disiplin pada anak. (baca juga: 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan)

Batasi Pemberian Minuman di Sela-Sela Waktu Makan

Minum di sela-sela waktu makan sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Hal ini berlaku baik pada anak kecil maupun orang dewasa. Mengapa demikian? Minum di sela-sela waktu makan akan dapat mengganggu proses pencernaan dan akan membuat seseorang menjadi lebih cepat kenyang. Kondisi ini tentunya tidak baik bagi si kecil, terlebih jika ia meminum minuman manis disela-sela makannya sehingga rasa kenyang pun akan lebih cepat menghampiri.

Cobalah untuk mengaplikasikan satu ataupun beberapa dari 10 cara mengatasi anak susah makan tersebut diatas. Kuncinya tetap ada pada orang tua. Jika ingin melakukannya dengan sabar anak pun perlahan-lahan tak akan lagi sulit untuk makan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat