7 Cara Ampuh Mengatasi Migrain dengan Cepat

Ketika migrain menyerang, semua aktivitas akan terganggu, bahkan kamu dibuat tidak bisa melakukan apa-apa. Nyeri yang tajam dan intens tidak hanya terasa di pelipis, tetapi menyebar ke seluruh kepala. Jika kamu tidak mengatasi migrain dengan cepat, kamu akan mulai merasa mual, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bahkan gerakan kecil sekalipun.

Cara Mengatasi Migrain dengan Cepat

Daripada menderita sakit migrain yang luar biasa, kamu dapat melewati hari tanpa migrain dengan cara yang tepat. Tips berikut ini akan membantu kamu mengatasi migrain dengan cepat tanpa resep dokter.

Minum Jus Anggur

Jika kamu sudah lama tidak meminum jus anggur, mungkin ini saatnya untuk meminumnya terutama pada saat migrain menyerang. Menurut First Choice Smart and Home-Cure, anggur adalah peredam nyeri yang sangat baik. Minumlah jus anggur yang alami, atau buatan sendiri di rumah untuk menghilangkan migrain. Blender buah anggur segar dengan sedikit air, dan ini akan menghilangkan ketidaknyamanan akibat migrain.

Makan Kacang

cara mengatasi migrain dengan cepatJika kamu menderita migrain setiap hari, coba pertimbangkan untuk mengubah diet kamu, yaitu lebih banyak makan kacang. Kacang-kacangan bekerja sangat baik sebagai penghilang rasa sakit dan merupakan tindakan pencegahan untuk serangan migrain di masa mendatang.

Berbagai jenis kacang mengandung bahan penting yang disebut salicin. Salicin adalah obat penghambat rasa sakit yang ada di banyak obat-obatan saat ini. Jadi dapat dikatakan kalau kacang adalah obat migrain yang alami.

Tekan Titik Tertentu pada Badan

Mungkin kepala kamu terasa seolah-olah mengalami tekanan dan rasa sakit yang luar biasa. Dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh dapat mengatasi migrain dengan cepat. Ketika kamu mulai merasakan serangan pertama dari migrain, berikan sedikit tekanan pada sistem craniosacral. Dengan menekan dengan jari-jari pada titik-titik khusus tersebut, kamu dapat memaksa otak untuk rileks dan beristirahat.

Jahe

Mengunyah sepotong jahe mentah-mentah dapat mengatasi migrain dengan cepat. Menurut Everyday Roots, akar jahe membantu tubuh kita menangani peradangan dan rasa sakit. Mencerna akar jahe memicu produksi lipid dalam sel-sel kita yang dapat bekerja untuk menenangkan saraf ketika kita merasakan sakit.

Akar jahe membuat tubuh kita berhenti mengenali dan merespons migrain yang terjadi, bahkan dapat menenangkan perasaan mual. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunyah sepotong jahe. Kalau tidak sanggup, kamu bisa menyeruput teh jahe.

Pijat

cara mengatasi migrain dengan cepatPijat setiap hari mungkin terkesan ribet, tetapi ketika migrain menyerang, ini bisa menjadi cara terbaik untuk membuat kamu nyaman kembali. Pelajari cara memijat yang menenangkan yang bisa menghilangkan rasa sakit migrain seperti meregangkan dan memijat leher dan kulit kepala. Pijatan ini akan menstimulasi aliran darah dan memberikan efek relaksasi pada kepala.

Terapi Suhu

Ada dua metode yang bisanya dicoba ketika menghadapi cedera dan rasa sakit, yaitu terapi panas dan dingin. Mungkin tampak aneh untuk memberi sebuah paket es atau air panas pada kepala kamu, namun ternyata ini bisa memberikan perbedaan yang berarti hanya dalam beberapa menit. Terapi panas akan membuat otot-otot rileks dan rasa sakit akan berkurang sedangkan terapi dingin akan mematikan rasa sakit yang dirasakan. Kamu hanya perlu memilih suhu mana yang terbaik untuk mengatasi migrain yang kamu alami.

Konsumsi Bahan-Bahan Herbal

Jika kamu memiliki kebun herbal di belakang rumah, jahe, peppermint, dan cabe rawit dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit alami. Selain itu, bahan-bahan herbalĀ  tersebut juga dapat mengakhiri sakit kepala dan mual ketika migrain. Buat teh herbal di rumah dengan campuran cabe rawit, jahe segar, dan peppermint, yang dilarutkan dalam air panas selama 15 menit. Ramuan herbal ini akan membantu mengatasi migrain. (baca juga : 6 Tips Menyembuhkan Sakit Leher)

Itulah 7 cara mengatasi migrain dengan cepat yang bisa kamu lakukan seketika migrain menyerang. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter. Semoga bermanfaat.